Home / Sejarah MAN 3 Madiun

Sejarah MAN 3 Madiun

Berdirinya MAN Dolopo dilatar belakangi oleh adanya pemikiran membuka pendidikan yang bersifat atau bercirikan Islami untuk jejang pendidikan tingkat menengah atas didesa Doho dengan pertimbangan :

  1. Desa Doho bermasyarakat agamis.
  2. Adanya  2 (dua) Madrasah Tsanawiyah  di desa Doho sendiri yaitu MTsN Doho  dan MTs PSM Doho
  3. Adanya 4 SMP di kecamatan Dolopo yaitu 2 SMP Negeri dan 2 Swasta
  4. Di Desa Doho ada 2 MI, yaitu MI Darul Ulum dan  MI Mambaul Hikmah
  5. Di Desa Doho ada Madrasah Diniyah yang keduanya sangat potensial dalam pengembangan Agama Islam.

Dengan modal tamatan madrasah dan sekolah tersebut diatas perlu adanya wadah pendidikan guna menampung tamatan tersebut dan berlokasi diatas desa Doho juga. Hal itu disampaikan Bupati Kepala Daerah TK.II Madiun pada peresmiaan gedung MTsN Doho Dolopo Madiun pada waktu itu.

Himbauan Bupati ditindak lanjuti oleh Trio Pendiri yaitu Wasit,SH(Kepala MTsN Doho), Badjuri, BA (guru MTsN Doho) dan Drs.Masruchin (guru MTsN Kota Madiun). Pada tanggal 1 maret 1987 diadakan pertemuaan pertama dengan menghadirkan tokoh-tokoh  masyarakat, tokoh pendidikan dari kecamatan Dolopo, Kebonsari  dan Dagangan yang pada akhirnya memutuskan bahwa di Desa Doho perlu didirikan Madrasah Aliyah dan diusahakan bersetatus filial (kelas jauh).

Tanggal 4 April 1987 diadakan pertemuaan kedua yang sekaligus ditetapkan sebagai tanggal berdirinya  Madrasah Aliyah Persiapan Fillial di Desa Doho Dolopo.

Pada bulan Juli 1987 Madrasah Aliyah Persiapan fillial menerima siswa baru tahun ajaran 1987/1988. Tercatat 63 siswa yang aktif mengikuti kegitan belajar mengajar. Kunjungan Direktur Jendral Binbaga Islam bersama Kepala Seksi Madrasah Aliyah pada Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur, Kakandepag Kab. Madiun serta pengawas Penda Islam pada waktu itu sungguh suatu dorongan moral yang sangat luar biasa. Setelah usulan fillial dirasa cukup, maka langsung diteruskan ke Departemen Agama RI melalui Kandepag Kab. Madiun dan Kanwil Prov. Jatim. Keputusan Dirjen Binbaga Islam No. Kep/103/103/E/1987, tgl. 23 Desmber 1987 nama Madrasah ini resmi menjadi Madrasah Aliyah Negeri Ponorogo Fillial di Doho Dolopo Madiun, dengan struktur organisasi sebagai berikut :

Pimpinan Fillial : Badjuri. BA
PKM Kurikulum : Drs. Maksum Umar
PKM Kesiswaan : Drs. Masruchin
PKM Saran Prasarana : Drs. Slamet Daroini
BP : Drs. Dimyati

Akhirnya sesuai Keputusan Menteri Agama RI Nomer 107 tahun 1997, tanggal 17 Maret 1997 mengakhiri status filial menjadi Negeri penuh dengan nama Madrasah Aliyah Negeri Dolopo yang terletak di jalan Sarwo Husodo 332 Desa Doho, Kec.Dolopo, Kab. Madiun.

Selanjutnya pada Tahun Pelajaran  2002 / 2003 Madrasah ini berpindah lokasi yang lebih strategis, yakni di Jalan Raya Ponorogo KM 17.7 Dolopo Kab.  Madiun.